Beranda

Rabu, 20 Oktober 2010

Nurmala Sari - Kebangsaan di Mata Seorang Pancasilais

Nama             : Nurmala Sari
Kelas / Reg   : 3A / 2115081299
Mata Kuliah  : PK Menulis

Tugas
Mengomentari sebuah resensi berdasarkan teori resensi dalam buku Komposisi – Gorys Keraf

Judul Resensi
Kebangsaan di Mata Seorang Pacasilais – Yohanes Krisnawan
Kompas, Minggu, 15 Agustus 2010

            Menurut saya, resensi dengan judul di atas dapat dikatakan baik. Kenapa? Karena senarai hal-hal pembentuk resensi yang disebutkan dalam teori telah ada dalam resensi tersebut. Meskipun dalam penyajiannya tidak berurutan. Mungkin inilah variasi yang dimiliki oleh peresensi.
            Teori resensi dalam buku komposisi yang ditulis Gorys Keraf menyebutkan hal pertama yang membentuk resensi adalah latar belakang yang berisi ulasan tema buku, deskripsi/identitas buku, dan mengenai penulis (Keraf, 1994:275). Sementara yang tersaji dalam resensi “Kebangsaan di Mata Seorang Pancasilais”, latar belakang mengenai penulis dan deskripsi tambahan mengenai buku terdapat pada subjudul “Pelopor filsafat Pancasila” yang merupakan subjudul akhir (paragraf 9 dan 15), bukan di bagian awal resensi.
Selain itu, keunggulan buku yang dalam teori disajikan sebagai poin ketiga unsur pembentuk resensi terletak di paragraf akhir dari resensi ini (paragraf 16). Dan mengenai nilai buku - yang mengulas perbandingan isi buku dengan karya lain - dalam resensi ini disajikan sebagai bagian awal resensi, padahal dalam teori nilai buku merupakan poin akhir yang disajikan dalam resensi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Menurut saya komentar yang telah di berikan oleh Nurmala sudah cukup baik. Hanya saja komentar yang Nurmala berikan kulang trperincih (detail). Nurmala membuat komentarnya seperti berbentuk wacana. Contohnya pada paragraf ke2 Nurmala menyebutkan "Latar belakang mengenai buku terdapat pada subjudul 'Pelopor Filsafat Pancasilais' yang merupakan subjudul akhir (paragraf 9-15)

Belum ada pendahuluan, kesimpulan dan kalimat penutup pada komentar Nurmalasari.