Minggu, 24 Oktober 2010

Ayu Puspa Nanda - Kebangsaan di Mata Seorang Pancasilais


Komentar Resensi Buku Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia
“Menilik Resensi dari Sang Ahli”
Oleh: Ayu Puspa Nanda

            Kebangsaan di Mata Seorang Pancasilais, sebuah judul resensi yang ditulis oleh Yohanes Krisnawan. Ia menilai buku yang ditulis oleh Soediman Kartohadiprodjo yakni pribadi yang sangat bangga dan mengakui akan keberadaan Pancasila sebagai landasan idiil negara Indonesia. Resensi ini terdiri dari tiga bagian utama. Hal pertama yang ditulis oleh Yohanes adalah tentang gagasan yang diangkat oleh Soediman. Dalam hal ini dijelaskan, alasan-alasan apa saja yang menjadi latar pemikiran Soediman dalam membuat buku ini. Kemudian Yohanes juga menjelaskan dengan rinci bagaimana sosok Soediman Kartohadiprodjo serta Yohanes tak lupa untuk mengulas kelemahan buku tersebut.
Menurut Gorys Keraf resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. Dalam hal ini Yohanes sudah melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang peresensi terhadap buku yang ia nilai. Bahkan seperti yang tadi sudah saya kemukakan di atas, Yohanes justru menambahkan apa hal yang menjadi latar belakang penulis menulis buku ini. Hal ini membuat pembaca dapat memperoleh pengetahuan yang lebih dari sebelumnya.
Bagian tengah buku Yohanes membahas latar belakang pendidikan Soediman, dari mulai pendidikan di dalam sampai ke luar negeri, hal itu sangat berlebihan dan sepertinya tidak perlu dicantumkan selengkap itu. Kemudian di paragraf terakhir Yohanes mengemukakan kelemahan buku ini dari sisi penyuntingan. Yohanes juga membahas keunggulan buku yang dimasukkan dalam rangkaian bagian isi buku. Hanya saja, Yohanes tidak menampilkan semua hal  yang diperlukan dalam sebuah resensi. Sebuah resensi juga harus menampilkan klasifikasi buku, organisasi buku, bahasa yang digunakan serta mengemukakan sasaran pembaca. Namun, hal tersebut tidak ada dalam resensinya yang berjudul Kebangsaan di Mata Seorang Pancasilais/


1 komentar:

andiniputripribadini mengatakan...

kritik terhadap resensi ini telah mengungkapkan sisi kelemahan dan keunggulan, namun tidak diungkapkan apa yang menjadi kelemahan dan keunggulannya secara mendetil, kelemahan yang tampak hanya dari sisi penyuntingan. Kritik terhadap resensi ini tidak diikuti dengan kesimpulan yang biasanya di dalam kesimpulan diungkapkan bagaimana resensi tersebut secara keseluruhan. kritik resensi ini juga tidak mengulas seluruh unsur - unsur penting dalam resensi.

semoga masukkan ini dapat bermanfaat bagi Anda. mohon maaf bila ada kelancangan dalam berkomentar.