Minggu, 29 Mei 2011

ULFAH MUTIA RANI - "Inovasi Pembelajaran yang Menyenangkan"

"Inovasi Pembelajaran yang Menyenangkan"
Oleh:  Ulfah Mutia Rani


Judul              : Active Learning (101 Strategis to teach Any Subject)
Penulis          : Melvin L. Silberman
Cetakan         : Ke 6, Juli 2009
Penerbit         : Pustaka Insani Madani
Tebal              : 292 halaman, 15,5 x 23
ISBN               : 978-979-026-044-3


Berkembangnya potensi peserta didik melalui situasi belajar yang aktif dan menyenangkan memberikan inspirasi bagi Melvin untuk mengubah pemikiran yang selama ini terjadi di dunia pendidikan. Banyak pengajar dalam pembelajarannya masih menggunakan metode satu arah, yang faktanya memang kurang menarik peserta didik untuk belajar, sehingga terkadang tujuan pembelajaran yang diinginkan tidak tercapai. Alasan itulah membuat Melvin berusaha memecahkan masalah-masalah yang terjadi di dunia pendidikan dengan memperkenalkan 101 strategi pembelajaran aktif untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik.
Banyak inovasi yang telah dikembangan untuk membangun potensi manusia, terutama potensi peserta didik seperti munculnya berbagai macam metode pembelajaran yakni quantum learning, quantum teaching, accelerated learning, cooperative learning, dan mungkin akan muncul metode lainnya. Namun bila dikaitkan dengan penawaran strategi pembelajaran oleh beberapa metode tersebut, metode belajar aktif sangatlah lebih bervariasi dan lebih membangun potensi yang dimiliki peserta didik.
Belajar aktif merupakan strategi belajar yang menyenangkan karena dengan belajar aktif, peserta didik dituntut melakukan aktivitas-aktivitas yang membangun potensi yang dimilikinya. Ada suatu penelitian yang menyatakan bahwa belajar semakin baik jika peserta didik diminta untuk melakukan beberapa hal seperti mengungkapkan informasi dengan bahasa mereka sendiri, memberikan contoh-contoh, melihat hubungan antara satu fakta dengan yang lain, dan memperkirakannya beberapa konsekuensi. Hal ini membuktikan bahwa peserta didik dapat belajar lebih lama bila dihadapi dengan tantangan (teknik) belajar yang tidak biasa.
Melvin memperkenalkan kumpulan strategi pembelajaran yang kaya dan komprehensif sekaligus dalam satu sumber yang mudah untuk diaplikasikan dan diikuti. Strategi-strategi itu dibuat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik agar proses belajar menjadi menyenangkan. Empat kategori utama disusun Melvin untuk mengembangkan potensi peserta didik. Kategori pertama, memperkenalkan konsep belajar aktif yang terdiri dari model-model belajar, dimensi sosial belajar, kepedulian terhadap belajar aktif, inti dan kerangka belajar aktif. Kategori kedua, bagaimana membuat peserta didik aktif sejak dini, berisi strategi membentuk tim, strategi penilaian di tempat, dan strategi keterlibatan seketika. Kategori ketiga, bagaimana membantu peserta didik memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap secara aktif dapat dilakukan dengan menggunakan strategi pengajaran kelas penuh, strategi merangsang diskusi kelas, strategi pertanyaan terlalu singkat, strategi belajar dengan cara bekerja sama, strategi mengajar teman sebaya, strategi belajar mandiri, strategi belajar afektif, strategi pengembangan kecakapan. Kategori keempat, bagaimana belajar agar tidak lupa dapat dilakukan dengan strategi meninjau ulang, strategi penilaian diri, dan strategi sentiment terakhir. Empat kategori ini dapat melatih perkembangan otak, pengajar, dan peserta didik.
Bagi Melvin, belajar aktif berlaku bagi siapa saja,. Namun belajar aktif ini lebih utama diperuntukan untuk para pengajar baik yang telah berpengalaman maupun yang masih pemula dan orang-orang yang peduli terhadap dunia pendidikan karena strategi-strategi yang yang diperkenalkan Melvin sudah direalisasikan secara langsung oleh beberapa teman Melvin yang mengajar di taman kanak-kanak hingga sekolah menengah dan sudah terbukti hasilnya.
Melvin L. Silberman adalah seorang professor emeritus pengembangan organisasi umum di Temple University, yang memberinya penghargaan Great Teacher Award. Dia memimpin banyak seminar pelatihan aktif untuk lembaga pendidikan, perusahaan, pemerintah dan organisasi pelayanan di seluruh dunia. Dia juga merupakan presiden Active Training, Priceton, New Jersey, sebuah perusahaan yang menawarkan kursus teknik pelatihan aktif, kecerdasan interpersonal dan fasilitasi tim. Dr. Siberman juga telah menulis banyak publikasi yang diterbitkan oleh Preiffer (101 Strategi Pembelajaran Aktif karangan Mel Silberman).
Secara substansial buku non-fiksi ini sangat inspiratif dan bermanfaat bagi tenaga pendidik dalam pembelajaran strategi. Sayangnya, bahasa yang digunakan dalam buku ini sangatlah sulit dimengerti lantaran buku ini merupakan buku terjemahan dari bahasa Inggris yang pemilihan kata-katanya tidak sesuai dengan pemilihan bahasa Indonesia yang baik, sehingga butuh perulangan membaca untuk memahami maksud dari isi buku tersebut. Penyuntingan tulisannya pun kurang sekali, terkadang paragraf yang satu dengan yang lainnya tidak ada keterkaitannya. Namun bila dilihat dari segi komposisi warna, buku ini cukup menarik dan wajah buku sesuai dengan tema pendidikan yang diangkatnya.
Kekurangan buku ini bukanlah kendala yang besar bagi para pembaca untuk memahami isi buku dengan baik. Buku ini sangat membantu para pendidik sebagai pedoman pengajaran dan pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan, karena buku ini menyediakan beragam metode yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa.. Oleh sebab itu, buku ini sangat dianjurkan untuk dimiliki oleh para pendidik maupun calon-calon tenaga pendidik.

Tidak ada komentar: