Minggu, 29 Mei 2011

SHEILA NOVELIA - "Kiat Sukses Pembelajaran dalam Satu Buku"

"Kiat Sukses Pembelajaran dalam Satu Buku"
Oleh: Sheila Novelia

Judul              : Active Learning (101 Strategis to teach Any Subject)
Penulis          : Melvin L. Silberman
Cetakan         : Ke 6, Juli 2009
Penerbit         : Pustaka Insani Madani
Tebal              : 292 halaman, 15,5 x 23 cm
ISBN               : 978-979-026-044-3


Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran hendaknya memperhatikan kondisi individu anak karena merekalah yang akan belajar. Pembelajaran yang kurang memperhatikan perbedaan individual anak dan didasarkan pada keinginan guru, akan sulit untuk dapat mengantarkan anak didik ke arah pencapaian tujuan pembelajaran. Kondisi seperti inilah yang pada umumnya terjadi pada pembelajaran konvensional. Konsekuensi dari pendekatan pembelajaran seperti ini adalah terjadinya kesenjangan yang nyata antara anak yang cerdas dan anak yang kurang cerdas dalam pencapaian tujuan pembelajaran Hal ini membuktikan terjadinya kegagalan dalam proses pembelajaran di sekolah. Menyadari kenyataan seperti ini para ahli berupaya untuk mencari dan merumuskan strategi yang dapat merangkul semua perbedaan yang dimiliki oleh anak didik. Strategi pembelajaran yang ditawarkan adalah strategi belajar aktif (active learning strategy) seperti yang terdapat dalam buku Active Learning ini.
Buku 101 strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu buku pendidikan yang diterjemahkan dari Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject karya Melvin L.Silberman. Buku ini menandai babak baru kebangkitan pendidikan yang manusiawi dengan konsep belajar yang menyenangkan untuk hasil yang optimal dalam pembelajaran. Dalam buku ini, belajar aktif meliputi berbagai cara untuk membuat peserta didik aktif sejak awal melalui aktivitas-aktivitas yang membangun kerja kelompok dan dalam waktu singkat membuat mereka berpikir tentang materi pelajaran, merangsang diskusi dan debat, mempraktikan keterampilan, mendorong adanya pertanyaan-pertanyaan serta membuat peserta didik dapat saling mengajar satu sama lain.
Bagian awal buku karya Melvin L.Silberman keadaan dunia pendidikan kita yang mengalami krisis yang cukup serius diantaranya karena lemahnya tenaga ahli seperti guru. Dalam berbagai forum seminar, muncul kritik : konsep pendidikan telah terduksi menjadi pengajaran, pengajaran menyempit menjadi kegiatan di dalam kelas. Pengajaran dan pendidikan merupakan dua hal yang berbeda. Pengajaran menitikberatkan pada aspek kognitif dan kemampuan teknis semata, hal ini justru melahirkan manusia bermental tukang. Sehingga dengan diterjkemahkannya buku ini diharapkan bisa menjadi solusi agar pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan dan tujuan pendidikan pun tercapai.
Bab pertama dalam Active Learning  memperkenalkan konsep dari belajar aktif itu sendiri, cara kerja otak yang efektif, gaya belajar, variasi metode pengajaran yang interaktif serta tujuan yang harus dicapai dalam pengajaran aktif.  Bab-bab selanjutnya menjelaskan bagaimana membuat peserta didik aktif sejak dini, bagaimana membuat peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara aktif serta bagaimana membuat peserta didik tidak mudah lupa. Buku ini menyajikan metode dan strategi dengan keunggulannya masing-masing disertai pembahasan para ahli seperti terdapat dalam salah satu babnya ; Metode Belajar Kolaboratif : Abraham Maslow mengajarkan untuk memiliki rasa dalam satu kelompok lalu Jerome Bruner mengajarkan untuk merespon dari apa yang telah diperoleh dibutuhkan keterlibatan bersama-sama (reciprocity). Menurut John Holt (1967), belajar semakin baik jika siswa diminta untuk melakukan hal-hal berikut:
  1.  Mengungkapkan informasi dengan bahasa mereka sendiri
  2. Memberikan contoh-contoh
  3. Mengenalnya dalam berbagai samaran dan kondisi
  4. Melihat hubungan antara satu fakta atau gagasan dengan yang lain
  5. Menggunakannya dengan berbagai cara
  6. Mengungkapkan lawan atau kebalikannya
Bagian akhir buku ini membahas falsafah metode meninjau kembali (review) apa yang dipelajari, menilai bagaimana sesuatu telah berubah dan mempertimbangkan langkah-langkah selanjutnya yang harus diambil sehingga kegiatan belajar tetap bertahan.
Ini benar-benar bacaan yang bermanfaat dan bernutrisi bagi siapapun yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Selain menambah wawasan dengan berbagai pengetahuan akan strategi pembelajaran aktif, buku ini dilengkapi dengan pendapat para ahli seperti yang telah saya kutip pada paragraf sebelumnya.. Kesan pertama setelah membaca buku ini mungkin rumit serta kesulitan untuk menyerap isi di dalamnya terlebih lagi strategi dan metode-metode pembelajaran yang ditawarkan sangatlah banyak, sehingga dalam membacanya harus disertai niat yang sungguh-sungguh dan ketekunan untuk mendapatkan ilmu. Buku ini juga cocok bagi para pengajar seperti dosen yang sudah senior, agar konsep mengajarnya bisa lebih baik.

Sumber Referensi       :
Buku 101 Strategi Pembelajaran Aktif karya Melvin M.Silberman
smkn2tanjungpinang.blogspot.com

1 komentar: