Minggu, 05 Desember 2010

FENI ARINI - Guru Aktif Siswa Aktif

Guru Aktif Siswa Aktif
Oleh: Feni Arini


Identitas Buku

JUDUL                   : Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif 
PENULIS                : Melvin L.Silberman 

PENTERJEMAH   : Sarjuli, Adzfar Ammar, Sutrsno, Zainal Arifin Ahmad dan Muqowin

PENERBIT              : Allyn andBacon Bostom 1966

PENERBIT INDONESIA: Pustaka Insan Mandiri. Jl. Kenanga, Manguwoharjo, Depok Sleman. Telp 074-433239. E-mail : editorial@pustakainsanmadani.com

CETAKAN              : 2007

ISBN                        : 978-979-026-044-3

TEBAL                     : xxviii+292 halaman. 15,5 x 23 cm


Guru merupakan sebuah pekerja yang profesional yang menuntut seorang guru untuk bersikap profesional dalam kegiatan pengajaran. Seorang guru harus mampu mengatasi masalah-masalah yang muncul di dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada masa kini. Kegiatan belajar masa kini atau yang sesuai dengan kurikulum (KTSP), guru diminta memiliki kemampuan pengajaran dan pembelajaran dua arah, bukan lagi menyuapi siswa atau sekedar diam di kelas dan anak disuruh mencatat. Tetapi yang sesungguhnya, guru harus menumbuhkan sikap yang aktif dan mengajak siswanya aktif dalam pembelajaran, sehingga muncul kegiatan belajar yang aktif. Tentunya dalam meningkatkan kemampuan profesional ini, guru juga harus menambah wawasan ilmu dengan banyak membaca buku pengetahuan, termasuk buku strategi pembelajaran. Buku Active Learning ini mengangkat sebuah maksud mengenai perkenalan variasi-variasi dalam pembelajaran.  Buku karya Mel Silberman ini berisi empat bagian, yaitu bagian satu mengenai perkenalan konsep belajar aktif, bagian kedua mengenai bagaimana membuat peserta didik aktif sejak dini, bagian ketiga mengenai begaimana membuat peserta didik memperoleh pengetahuan keteranpilan dan sikap yang aktif, dan yang terakhir yang keempat yaitu mengenai bagaimana belajar agar tidak lupa. Lebih jelasnya buku ini kira-kira memperkenalkan 101 teknik-teknik strategi pembelajaran aktif untuk dijadikan variasi pembelajaran.
Buku active learning ini memuat konsep belajar aktif yang begitu penting, penulis seperti menuliskan pengalaman mengajarnya dengan begitu banyak strategi untuk dibagikan ke pengajar-pengajar lainnya. Buku ini memaparkan bagaimana langkah untuk menciptakan dan mengelola belajar yang aktif, yaitu pembelajaran dua arah yang aktif. Buku yang ditulis Mel Silberman ini tidaklah ditulis tanpa tujuan atau muncul tanpa ada masalah, namun buku ini ada karena adanya permasalahan seorang guru dalam sebuah proses pembelajaran.
Buku Mel Silberman ini layaknya digunakan sebagai pedoman di dalam dunia pendidikan. Meliputi dosen pengajar, dosen pengajar di bidang pendidikan, mahasiswa calon guru dan tentunya buku ini cocok dan harus dibaca oleh guru-guru di sekolah untuk menambah cara pengajaran sehingga tercipta pembelajaran aktif. pengetahuan teknik-teknik pembelajaran inilah yang mampu meluas wawasan sebagai seorang pendidik.
Secara garis besar, buku ini tersusun secara apik, dalam arti tersusun rapi dan sistematik sehingga tidak menyulitkan dalam pemahamannya. Buku ini dituliskan dengan cara memberikan konsep secara luas tentang tujuan dari teknik yang akan dijelaskan dan dimana teknik tepat digunakan. Lalu, Mel Silberman menuangkan langkah-langkah dari setiap konsep teknik tersebut dengan menulis secara rinci langkah-langkah atau prosedur bagaimana menggunakan teknik ini dan menerapkannya dalam materi pembahasan dengan adanya ilustrasi-ilustrasi yang memudahkan. Garis besar yang terakhir, buku ini memberikan variasi tentang saran-saran sebuah jalan alternatif dan mudah dalam menggunakan teknik ini. Sehingga penjelasan teknik ini untuk digunakan akan lebih mudah untuk dipraktekan.
Guru yang kompeten juga merupakan tujuan tersirat dari buku ini. guru seperti diajarkan kembali cara-cara belajar dan variasi belajar yang inovatif dan kratif sehingga menimbulkan suasana aktif. Buku Mel ini merupakan salah satu buku pembelajaran yang ditulisnya dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia, sebagai pedoman untuk mengajarkan bagaimana pembelajaran yang aktif. harmonisasi hubungan bagian-bagian dalam buku ini pun akan mempermudah pembaca untuk mengerti karena setiap bagian yang akan dijelaskan saling berhubungan dengan bagian lain dan berurutan secara baik. Perkembangan buku ini bisa dikatakn baik karena antara bagian awal, tengah maupun akhir ditulis melalui proses pengembangan yang baik. Sehingga menjadi sebuah kesatuan wacana buku yang jelas.
Daya tarik buku ini, penulis merinci betul-betul langkah-langkah penjelasan sehingga mampu menuntun pembaca untuk memahami dan mempraktekan. Penulis secara cermat menata bagian-bagian penting untuk meningkatkan kemampuan pembaca agar termotivasi untuk menjadikannya sosok yang profesional. Isi buku ini tidak terlalu tebal dan tipis namun mampu mengajarkan teknik-teknik yang bervariasi hingga muncul sekitar 101 teknik pembelajaran yang aktif. pembaca bisa menyesuaikan mana kebutuhan teknik yang bisa digunakan atau dikombinasikan. Dari segi kebahasaan, buku ini tidak terlalu normatif atau kaku untuk dimengerti karena bersifat bahasa yang konsultatif. Pembaca seolah-olah diajarkan dan dituntun langkah demi langkah. Bahasa yang jelas dan teratur serta tidak berbelit-belit dalam penyampaiannya bisa dengan mudah mengajak pembaca dengan mudah untuk memahaminya. Pengilustrasian melalui bahasa juga menjadi hal yang baik dalam buku ini, apalgi dalam pengaitannya dalam materi pokok pembahasan pelajaran. Jika dilihat dari segi penampilan, buku ini cukup menarik. Bisa dilihat dari sampul buku ini saja bahasanya sudah mengundang minat yaitu 101Strategi Pembelajaran Aktif. Maka tidak rugi jika membaca buku ini. dalam hal pencetakan buku ini kertas yang digunakan pun cukup baik sehingga terang dan jelas dibaca sehingga tidak merusak pembaca atau menurunkan selera pembaca.
Kelemahan buku ini tidak terlalu merugikan pembaca, karena menyangkut masalah ilustrasi gambar. Buku ini berbeda dengan buku TRIK DAN TAKTIK MENGAJAR karya Paul Ginnis yang buku tersebut juga memberikan ilustrasi strategi pembelajaran dengan gambar. Namun ilustrasi bukanlah masalah besar jika pembaca mau mengilustrasikan sendiri dalam pikirannya karena buku Mel mengilustrasikan melalui kata-kata yang baik dan mengajak langsung untuk mengilustrasikan dalam pikiran.
Dengan demikian cukuplah bagi pembaca untuk menarik minatnya sendiri untuk membaca buku ini karena buku ini amatlah penting dari segi isi yang baik dan perwajahan buku. Buku ini memuat rinci langkah-langkah dan penerapan strategi pembelajaran yang ingin digunakan dengan menerangkan penjelasan konsep yang diikuti langkah-langkah lalu variasi yang dapat memudahkan teknik untuk digunakan dengan cara ilustrasi yang menarik. Ditulis dengan kata demi kata yang menuntun pembaca untuk diajak mempraktekannya. Tentunya berguna bagi pembaca khusunya para guru dan calon guru dalam memperluas wawasannya dalam menciptakan pembelajaran yang aktif.

4 komentar:

Rahmah_oktafiani@yahoo.co.id mengatakan...

Secara keseluruhan resensi yang dibuat oleh saudari Feni Arini sudah baik. Isi pendahuluan yag dibuat Feni Arini menarik perhatian hanya saja banyak kalimat-kalimat pada pendahuluan yang kurang efektif dan seharusnya tidak ada pun tidak jadi masalah. Isi pendahuluan yang dibuat oleh saudari Feni Arini pun tidak mengandung hal-hal yang kontrovesi. Penulis juga dalam pendahuluannya menegaskan mengapa persoalan itu dibicarakan/dibahas pada saat, tetapi sangat disayangkan penulis kurang dapat memusatkan perhatian pembaca kepada argumen-argumen yang disampaikan. Penulis pun berusaha untuk menyegarkan ingatan pembaca tentang latar belakang dan seluk beluk sebelum memasuki argument hanya saja cara penyampaiannya kurang efektif terkesan berbelit-belit.
Penulis cukup sermat dalam menyediakan/mengadakan fakta yang benar tetapi penulis kurang mampu meyakini pembaca tentang kebenaran yang dikemukakan. Penyusunan bahan dan data secara baik teratur dilakukan oleh penulis. Proses berfikir kritis penulis belum terlihat dari alur tulisannya. Penulis mengembangkan tulisan argumentasinya berdasarkan prinsip sebab akibat dan menggunakan pendapat atau ucapan dari seorang yang terkenal atau yang diakui ahli, yaitu penulis buku ini sendiri. Kesimpulan yang dibuat oleh penulis cukup menyegarkan kembali ingatan tentang apa yang telah dicapai dan cukup menjawab masalah-masalah dalam tulisan tersebut.

Anonim mengatakan...

Tulisannya bagus namun kurang tajam. Tidak melihat bagaimana Silberman menggambarkan keadaan proses pembelajaran, penerjemahan buku ini menurut saya pribadi juga kurang efektif dan banyak (dari versi asli) prase yang memiliki nilai global-lokal dipaksakan untuk menjadi Bahasa Indonesia.

Tapi saya suka tulisan ini, judulnya sederhana dan memiliki ikatan yang baik antara isi dan judul.

Nice job.

feni arini mengatakan...

untuk saudara nur rahma :
terimakasih untuk komentar anda yang berisi kritik yang membangun, memberitahukan kesalahan dan kelemahan dari tulisan saya.
semoga bisa menjadikan tulisan saya lebih baik lagi.


untuk saudara anonim :
terimaksih telah membaca tulisan saya dan memberikan kritik. kritik ini akan saya jadikan acuan ketika menulis lagi agar menjadikan tulisan saya menjadi lebih tajam dan tepat sasaran.

Chichimolics mengatakan...

Ka feni... Mengenai buku ini didalamnya ada pembahasan mengenai strategi pembelajaran quick on the draw ga? Soalnya aku lg butuh buat skripsi aku ka...
Pembhasan strategi quick on the draw yg aku tau cuma ada di buku paul ginnis...